Minggu, 11 Oktober 2009

Bumi Perkemahan Rancaupas





















Obyek Wisata Ranca Upas

Keadaan Umum
WW ranca Upas seluas 215 ha terletak di RPH Patrol, BKPH Tambakruyung Timur, KPH Bandung Selatan yang secara administrasif pemerintahan terletak didesa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1700m dpl dengan konfigurasi lapangan datar sampai bergelombang. Suhu udara rata-rata 18-23C dengan curah hujan 3740-4050mm/th

Potensi Kawasan
Hutan alam disekitar kawasan Ranca Upas ditumbuhi antara lain pohon puspa, jamuju, Huru, kitambang, kihujan, hamirung, kurai dan pasang.
sedangkan fauna yang dapat ditemukan dikawasan ini antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan.

Potensi Wisata
Pemandangan alam dan hutan tanaman serta penangkaran rusa dengan kegiatan wisata yang dapat dilakukan diantara berkemah, lintas alam milik KPH Bandung Selatan yang dikelola sejak tahun 1991.
Tujuh ekor rusa pertama yang diambil dari ragunan untuk ditangkarkan di Ranca Upasdiatas areal seluas 4-5ha. Tapi setelah populasinya bertambah , hewan itu tumbuh menjadi daya pikat bumi perkemahan.

Fasilitas
Fasilitas yang terdapat dibumi perkemahan ini antara lain menara padang, areal berkemah, musholla, MCK dan kios-kios dagang.

Aksesbilitas
Dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda enam. Jarak tempuh dari Pangalengan 15km dan dari Bandung 56km dengan kondisi jalan beraspal.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar